3 Amalan Yang Tidak Terputus Meski Sudah Meninggal

Doc Foto : Foto Rimba Media
Dalam Sebuah Hadist Rasullullah SAW. Bersabda yang artinya : Apabila anak adam (manusia) telah meninggal dunia, maka terputuslah amalnya darinya, kecuali tiga perkara, yaitu sedekah jariyah (sedekah yang pahalanya terus mengalir), ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang selalu mendoakannya. (HR. Muslim No.1631).

Hadist ini menjelaskan, ketika seseorang sudah meninggal dunia, maka semua amalan baik Zahir maupun bathinnya akan terputus. Tidak ada lagi yang apapun dan siapapun yang dapat menolong seseorang disaat sudah meninggal.
Namun, ada 3 amalan yang disabdakan oleh Rasulullah SAW. Yang dapat membantu seorang anak Adam ketika sudah meninggal dunia dan hanya amalan inilah yang mampu membantu seseorang setelah meninggal.
1. Sedekah Jariyah.
Sedekah jariyah, adalah sedekah yang sangat bermanfaat, sedekah ini berbentuk sesuatu yang terus dapat dipergunakan oleh manusia selamanya, sehingga selama masih dipergunakan, maka pahala nya terus mengalir kepada orang yang bersedekah tersebut.
2. Ilmu Bermanfaat.
Ilmu yang bermanfaat, adalah ilmu yang kita berikan dan sampaikan kepada manusia atau ummat, kemudian terus diamalkan orang. Ilmu ini adalah yang diberikan semasa masih hidup seseorang tersebut.
3. Anak Sholeh & Sholehah.
Yang terakhir adalah anak yang shalih, anak yang terus senantiasa mendoakan orang tuanya dan selalu berbuat baik kepada sesama manusia tentunya.

Ketiga amalan inilah yang masih terus mengalir pahalanya bagi seseorang yang sudah meninggal.
Maka, sebagai pengingat bagi kita semua sebelum kita menghadap sang Maha Kuasa, maka alangkah indahnya kita saling berbagi dan mengingatkan untuk sesama, agar menjadi amal jariyah dan amal Sholeh tentunya untuk kita semua. Amin.

Best Regard. Admin

Posting Komentar untuk "3 Amalan Yang Tidak Terputus Meski Sudah Meninggal"