Kokam Jihadis Muhammadiyah

Kokam adalah Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah merupakan bagian dari Ortom yang kini dalam naungan Pemuda Muhammadiyah. Kokam adalah pasukan loreng atau para militer atau pun jihadisnya Muhammadiyah dalam menjaga persyarikatan dan amal usahanya. Kokam didominasi angkatan muda, akan tetapi angkatan senior atau angkatan tua darah muda pun turut serta masih eksis di dalamnya. Sehingga kekeluargaan Kokam dan Pemuda Muhammadiyah serta angkatan muda Muhammadiyah semakin berjiwa korsa, solid dan taawun.

Ada nilai dasar fundamental kokam yang disebut dengan trilogi kokam yakni kemanusiaan, kebhinekaan dan kebencanaan. Ini merupakan trilogi intisari utamanya kokam terhadap Muhammadiyah. Nilai kemanusiaan ini dapat dimaknai juga menjaga persaudaraan, persatuan dan persamaan pada unsur humanisasi islam di Muhammadiyah. Nilai kebhinekaan pun dapat dimaknai sebagai kerukunan, keterbukaan dan keharmonisan pada unsur pluralisasi islam di Muhammadiyah. Sedangkan nilai Kebencanaan dapat dimaknai dengan menjaga lingkungan hidup, lingkungan alam dan lingkungan tinggal pada unsur ekologi Islam  di Muhammadiyah. 

Kokam sebagai jihadis Muhammadiyah ialah para kader Muhammadiyah dengan sungguh-sungguh penuh tekad untuk menjaga, melindungi, merawat persyarikatan Muhammadiyah beserta amal usaha Muhammadiyah. Selain itu dengan kesungguhan jihadis menjaga tokoh, ulama, warga jamaah, aset, marah dan izzah Muhammadiyah sesuai prinsip dakwah Islam yang sebenar-benarnya. Tentu makna jihadis ini bukan konotasi negatif yang selalu disalah artikan sebagai nilai perlawanan, pemberontakan atau pun perusakan. Melainkan jihadis Muhammadiyah yang dilakukan Kokam adalah nilai kesungguhan yang esensinya yakni menjaga Izzatul Isam, Syariatul Islam dan Adabul Islam agar senantiasa terwujudnya baldatun thaiyyibatun warabbun ghofur.

Walaupun pada realitasnya masih ada yang jauh dari kesempurnaan dan idealitas kekokaman, akan tetapi dengan semangat pemikiran yang diajarkan Kiyai Ahmad Dahlan dengan teologi al Maun dan teologi wal Asri ini sudah cukup dijadikan sebagai nilai Muhasabah menuju insanul kamil di persyarikatan. Senantiasa menjadi manusia yang bermanfaat baik utk persyarikatan, Nusa, bangsa dan agama dengan nilai muhabbatul islam fid Din. Kokam sebagai jihadis Muhammadiyah bukan bermaksud untuk menjadi insan yang angkuh, arogan, egois, keras, sombong, riya, ujub dan penyakit hati lainnya. Akan tetapi berusaha menjadi insan yang senantiasa menjaga nilai keislaman di tengah problematika kehidupan yang semakin tinggi kompleksitasnya, sehingga rentan untuk saling menjatuhkan, menafikan, membubarkan dan lain sebagainya hanya karena eksistensi hidup keduniaan yang begitu berlebihan secara isrof dan mudhorot. 

Sebagai kader kokam dan kader Muhammadiyah di mana pun berada, sudah seharusnya untuk meluruskan niat dalam bermuhammadiyah agar tujuan serta niat mulia tidak hancur sia-sia. Jangan jadikan setiap aspek kehidupan baik politik, seni, budaya, agama, ekonomi, dan lainnya menjadi lupa diri dan lupa nilai ideologi Kokam sebagai kader persyarikatan. Jangan rusak citra Muhammadiyah dan ortomnya khsusnya Pemuda maupun Kokam dengan nafsu duniawi yang berlebihan, jangan pula jatuhkan martabatnya dengan kepentingan politis yang dikebiri, dan jangan menjadi kader pasukan laskar jihadis yang lemah tak berdaya, sehingga tidak memiliki independensi yang tinggi akibat dari marwah serta reputasi yang tergadai lagi terbeli karena kepentingan yang sangat destruktif bagi organisasi. Tahankan diri dari godaan politis jika itu berdampak pada organisasi, kendalikan diri jika itu menyangkut perbedaan selama masih bisa diperbaiki dengan jalan moral hati, dan sadarkan diri jika ternyata mulai salah jalan sehingga mengkhianati janji sebagai nilai konsistensi. Agar semua tetap berada di jalan yang diridhoi Allah dan mendapatkan ganjaran pahala kebaikan yang telah diikhtiarkan sebagai kader kokam jihadis Muhammadiyah yang memiliki keikhlasan di dalam hati.

Oleh : As'ad Bukhari, S.Sos., MA.

(Kader Kokam Diklatsar Sleman-DIY)


Best Regard. Admin

Posting Komentar untuk "Kokam Jihadis Muhammadiyah "